Kanal

Pertanyakan Dualisme "Sadar Wisata", Puluhan Warga Datangi Kantor Desa Sialag Buah 

INHILKLIK.COM.SERGAI-| Sekitar 60 orang warga Dusun II Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara (Sumut) mendatangi Kantor Desa Sialang Buah, Selasa (21/09/2021).

Kedatangan puluhan warga ini mempertanyakan dualisme "Kelompok Sadar Wisata", Pantai Sialang Buah yang Surat Keputusannya ditandatangani oleh Kepala Desa Sialang Buah, Rosmawati Panjaitan.

Menurut Koordinator aksi, Amrul, mereka warga Dusun II yang berdomisili di Pantai Sialang Buah telah melakukan musyawarah terkait dengan pembentukan kelompok Sadar Wisata melanjutkan kepengurusan sebelumnya  yang terdaftar SKnya di Dinas Pariswisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparpbudpora) Kabupaten Sergai.

Ia mengatakan, kepengurusan Kelompok Sadar Wisata sebelumnya masih aktif, namun vakum. Atas dasar itu Mereka melakukan musyawarah untuk melanjutkan kepengurusan yang lalu, berdasarkan SK yang lama.

Namun, belum lagi SK mereka ditandangani Kades, usai rapat perumusan kepengurusan, muncul Kelompok baru yang juga mengatasnamakan kelompok Sadar Wisata diketahui dipimpin oleh Erwin. Parahnya lagi, tidak ada musyawarah dengan masyarakat setempat untuk melanjutkan kepengurusan, malah SK mereka ditandatangani Kades Sialang Buah seolah mengesahkan kelompok tersebut untuk didaftarkan ke Disparbudpora Sergai.

"Kami tidak tau mengapa Kades menandatangani SK mereka yang tidak ada melakukan musyawarah dengan kami, padahal kami sudah duluan melakukan musyawarah untuk melanjutkan kepengurusan berdasarkan SK yang lama, kok SK kami tidak ditandatangani Kades malah SK mereka pulak", ucapnya.

Padahal katanya, pihaknya terbuka untuk berdiskusi jika bersama-sama membesarkan kelompok tersebut.Kenyataannya, pihak sebelah menentukan kepengurusan sendiri, dengan tidak melibatkan warga setempat, bahkan mendaulat dirinya sendiri sebagai Ketua, keponakannya sebagai Sekretaris dan Bendahara istrinya.

Olehkarena itulah pihaknya mendatangi Kantor Kepala Desa menghadap Kades untuk menyelesaikan persoalan-persoalan ini sebab kelompok Sadar Wisata ini telah terbentuk sebelumnya sehingga tidak perlu lagi dibuat kelompok baru sehingga tidak terjadi dualisme dalam pengelola Wisata Pantai Sialang Buah.

"Menurut Ketua Sadar Wisata Pantai Sialang Buah yang diangkat dari hasil musyawarah masyarakat Alfiani Rico Tambunan (37 thn) tujuannya datang kebalai Desa Sialang Buah adalah untuk meminta persetujuan dari Kepala Desa sampai saat ini belum mendapatkan hasil yang pasti menurutnya kelompok yang ada cuma satu yaitu Sadar Wisata Pantai Sialang Buah dan saya berharap hasil keputusan masyarakat dan kepengurusan Sadar Wisata ini dapat dipenuhi,"katanya.

Sementara itu Kades Sialang Buah, Rosmawati Panjaitan ketika diwawancarai wartawan mengatakan, bahwasanya kelompok yang dibentuk oleh Ewin bukan dari hasil musyawarah jadi pada hari ini tanggal, (21/9/2021) saya memberikan keputusan hasil mediasi dari masyarakat yang terbanyak bahwasanya nama kelompok awal yang sebelumnya diketuai oleh Khairul Nizar dengan nama Kelompok Sadar Wisata.

Dan langkah selanjutnya saya akan berkordinasi dengan Dinas Pariwisata intinya hasil keputusuan ini belum bisa di sampaikan, ungkap Kades.

(SA/*)

Ikuti Terus InhilKlik

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER